Rekomendasi GBP/USD 11 Mei 2021: Membumbung Naik Akibat NFP AS & Pemilu Regional Inggris

GBP/USD naik menyentuh ketinggian 3 bulan yang baru di atas 1.41, di sekitar 1.4132, setelah SNP gagal memenangkan mayoritas di Skotlandia dan dengan Inggris bersiap untuk melanjutkan pembukaan kembali kegiatan bisnisnya. Sementara dollar AS masih menderita tekanan jual akibat laporan pekerjaan AS yang lemah pada hari Jumat yang lalu.

Akhirnya GBP/USD sekarang diperdagangkan di atas rintangan psikologis 1.40 dan ada pada posisi tertinggi sejak 25 Februari, kurang-lebih 10 minggu yang lalu. Ada tiga penggerak naiknya GBP/USD yang bisa lanjut mendukung rally.

Scottish National Party (SNP) memenangkan pemilihan umum regional di perbatasan bagian utara namun tidak berhasil mendapatkan mayoritas yang absolut. Sementara partai ini akan terus mendorong diadakannya referendum kemerdekaan yang baru, tidak berhasilnya SNP mendapatkan kemenangan total telah memberikan kelegaan bagi Sterling.

PM Inggris Boris Johnson bersiap untuk mengumumkan Langkah baru sehubungan dengan pembukaan kembali ekonomi Inggris. Dengan telah turunnya kasus Covid – 19 secara dramatis diperkirakan pemerintah akan mempercepat jadwal waktu pembukaan kembali kegiatan ekonomi Inggris.

NFP AS yang jatuh jauh di bawah daripada yang diperkirakan dimana hanya menambah 266.000 pekerjaan di bulan April, dari 1 juta pekerjaan yang diperkirakan, membuat pasar menyadari dengan jelas bahwa Federal Reserve tidak harus buru-buru mengurangi pembelian obligasi dan juga tidak perlu buru-buru menaikkan tingkat suku bunga. Sebagai akibatnya, aksi jual terhadap dollar AS terus berlangsung hingga hari Senin.

Poundsterling/dollar berpotensi melanjutkan kenaikannya paling tidak secara fundamental.

“Support” terdekat menunggu di 1.4010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3980 dan kemudian 1.3930. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4140 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4180 dan kemudian 1.4240.

Sumber : Vibiznews