4 Kesalahan Trader Pemula dalam Memasang Stop Loss

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang pentingnya menempatkan Stop Loss untuk membatasi risiko dan menghindari terlalu banyak kerugian. Namun, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan trader pemula saat menempatkan Stop Loss. Identifikasi empat kesalahan berikut dan hindari.

  • Tidak Merencanakan Stop Loss dari Awal 

Banyak trader pemula yang memulai trading dengan menentukan ukuran lot terlebih dahulu. Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Langkah pertama yang harus kamu ambil saat membuka order di market adalah menetapkan stop loss sesuai analisis kamu terhadap kondisi market saat ini. ukuran lot yang ideal. Dengan cara ini kamu dapat menyesuaikan order dengan pergerakan market dengan lebih baik. 

  • Stop loss terlalu dekat atau terlalu jauh 

Kamu dapat menempatkan stop loss kamu dekat dengan level entri karena takut kehilangan terlalu banyak.Namun, ini berisiko. Pergerakan harga forex sangat fluktuatif, terutama dengan pasangan mata uang yang besar. Jadi, jika kamu menempatkan stop loss terlalu dekat, order kamu mungkin otomatis ditutup sebelum harga memiliki waktu untuk bergerak ke arah yang kamu inginkan. Itu sering terjadi, kamu benar-benar kehilangan lebih banyak, bukan begitu?

Di sisi lain, stop loss yang terlalu jauh dari level awal berisiko menyebabkan kerugian yang relatif besar pada sebuah perdagangan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat menempatkan stop loss sesuai dengan batas toleransi risiko yang dapat kamu bayarkan. Secara umum, batas risiko kerugian bagi trader pemula adalah di kisaran 1% - 5% dari modal untuk satu kali transaksi. Pilih batas risiko yang senyaman kamu dan pertahankan setiap saat kamu trading.

  • Mengubah - ubah Stop Loss 

Ada kalanya kamu tergoda untuk mengubah stop loss dari level entri saat harga mendekati stop loss untuk mendapatkan peluang harga untuk mengubah arah.Namun, bagaimana jika analisis kamu gagal dan harga tidak berbalik? Bagaimana Stop Loss kamu berubah?

Solusi dari godaan untuk menunda stop loss adalah disiplin. Disiplin dalam memilih batas stop-loss berdasarkan toleransi risiko kamu dan disiplin dalam mengikuti stop-loss yang kamu tentukan sebelum melakukan order.

  • Pasang stop loss tepat di batas support atau resistance.

Support dan resistance bisa menjadi referensi yang bisa membantu kamu menemukan peluang trading. Namun, kamu harus menghindari menempatkan stop loss tepat di perbatasan support atau resistance. Ini karena ada kemungkinan harga akan berubah arah setelah melewati level support atau resistance. Akan disarankan untuk menempatkan stop loss beberapa pip di bawah level support. atau beberapa pips di atas level resistance.

Stop Loss dibuat untuk membantu kamu mengelola risiko kamu.Gunakan sebaik dan sebijak mungkin agar pengalaman trading kamu makin mudah dan menguntungkan.

kamu juga bisa mengaplikasikan keempat poin di atas dalam penggunaan Take Profit.